Kok, Ada Mobil Alergi Ice Cream?

Sumber :http://tjetjep-rustandi.net/index.php?option=com_content&task=view&id=103&Itemid=1 PDF Print E-mail

Kok, Ada Mobil Alergi Ice Cream?

Kisah ini sebenarnya sudah lama dibaca, tapi selalu memberikan pencerahan karena inti kesabaran dan kerja keras menjadi jalan dari apa yang diperkirakan ‘mustahil’.

Ini adalah kisah nyata yang terjadi antara pelanggan General Motors dan eksekutif layanan-pelanggan (Customer-care executive) General Motors.

Sebuah komplain telah diterima oleh Divisi Pontiac General Motor:“Ini untuk kedua kalinya saya melayangkan surat kepada Anda, dan saya tidak menyalahkan Anda bila Anda belum menjawab saya. Soalnya, saya memang seperti kedengaran konyol, tapi faktanya memang kami sekeluarga punya tradisi suka makan ice cream setelah makan malam (cuci mulut), setiap malam. Tapi jenis ice cream begitu banyak. Setiap malam, setelah kami makan, seluruh keluarga memilih jenis ice cream mana yang harus kita beli dana mengendarai mobil ke toko untuk membelinya.

Belakangan saya membeli sebuah mobil Pontiac baru, dan sejak itu perjalanan saya ke toko menimbulkan problem. Anda tahu, setiap kali saya beli ice cream rasa vanilla, ketika saya menstarter kembali mobil saya sehabis dari toko itu, mobil saya tak mau jalan. Tapi, jika saya membeli jenis ice cream lain, mbil saya baik-baik saja.

Saya ingin Anda tahu bahwa saya serius menanyakan hal ini, tak peduli kedengarannya konyol:“Apa yang menyebabkan mobil Pontiac saya tidak jalan ketika saya membeli ice cream rasa vanilla, tapi baik-baik saja setiap kali membeli ice cream lainnya?”

Dapat dimengerti kalau President Pontiac meragukan surat ini, tapi bagaimanapun ia tetap mengirimkan seorang enjiner untuk mengeceknya. Tak dinyana, enjiner itu begitu surprise disambut baik orang itu, seseorang yang sukses dan tentunya berpendidikan baik dalam lingkungan yang baik pula. Ia berjanji akan menemui orang itu segera setelah waktu makan malam, sehingga mereka pun langsung mengendarai mbil menuju toko ice cream. Mlam itu juga ice cream vanilla dibelinya, dan benar saja! Setelah mereka kembali ke mobil, mobil itu tak mau jalan.

Sang enjiner sampai mengulanginya selama lebih dari 3 malam. Malam pertama, mereka membeli rasa coklat. Mobil mereka baik-baik saja. Malam kedua, mereka membeli rasa strawberry. Mobil pun baik-baik saja. Malam ketiga mereka memberli rasa vanilla. Mobil praktis tidak jalan.

Kini, sang enjiner, sebagai makhluk logis, tak mau percaya bahwa mobil orang itu alergi terhadap ice cream rasa vanilla. Karenanya, ia berencana akan tetap mengunjungi orang itu selama problem belum terpecahkan. Dan untuk mengakhiri problem ini, ia mulai mengambil catatan: ia mencatat seluruh jenis data: waktu pemakaian, jenis gas, waktu jalan dan pulang, dan seterusnya.

Dalam waktu singkat, ia menemukan petunjuk: orang itu membeli rasa vanilla dalam waktu yang lebih cepat dibandingkan ketika membeli rasa lainnya. Kenapa?Jawabannya terletak pada tata ruang toko itu. Vanilla, karena rasa yang paling laku, diletakkan di rak bagian depan toko agar bisa cepat diambil. Sementara seluruh rasa lainnya diletakkan di bagian belakang, di sebuah counter yang perlu waktu lebih lama untuk mengambilnya.

Kini pertanyaannya untuk enjiner itu adalah kenapa mobil itu tidak mau jalan ketika distarter kembali dalam waktu yang lebih cepat. Waktu terlalu cepat itulah yang menjadi problem, bukan ice cream rasa vanilla.Aha! (Eureka!)

Segera sang enjiner mengajukan jawabannya: “Kunci Asap”. Ini terjadi setiap malam, tapi waktu yang lebih lama keita membeli rasa lainnya membuat mesin mobil itu cukup mendingin terlebih dahulu untuk distarter kembali. Ketika orang itu membeli vanila, mesin masih terlalu panas bagi kunci asap untuk menghilangkan asap.

Ingat

Bahkan problem-problem yang kelihatannya gila sekalipun terkadang benar-benar nyata, dan seluruh problem baru tampak sederhana ketika telah menemukan solusinya dengan kepala dingin.Jangan sekedar berkata “mustahil” tanpa memberikan upaya serius…Selidikilah kata “mustahil” itu dengan ekstra hati-hati…. Anda pun akan tahu “sisi-sisi kemungkinannya”.

Tentang Admin

Anak manusia yang sedang memulai usaha.. ice cream keliling... Moga-moga bisa keliling Indonesia atau dunia... kali ya...
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s