Rujak Es Krim

Di kota kelahiran saya, Yogyakarta, makanan yang satu ini gampang ditemukan, Rujak Es Krim. Racikan menu khas kota gudeg ini sebenarnya sederhana. Sepiring rujak berisi berbagai macam buah seperti mangga, bengkoang, pepaya, dan mentimun. Lalu, di atasnya di taruh es krim. Jangan dibayangkan es krimnya selembut es krim Walls atau Campina. Es krim di atas rujak ini sekelas es puter. Tapi, rasanya mantap. Enak dan segar.

Manis gula jawa dan pedas dari bumbu rujak, bercampur dengan manis dari rasa susu es krim, ditambah rasa asam dari mangga  muda dan buah-buahan lainnya. Benar-benar merupakan paduan yang unik. Apalagi dinikmati saat cuaca panas. Hmm..bikin ketagihan!

Di Yogyakarta, Rujak Es Krim ini biasa dijajakan dengan gerobak dorong  dan mudah ditemui ditempat-tempat yang dekat dengan komplek sekolah, perkantoran atau perumahan.

Di antara sekian banyak penjaja rujak ini, ada satu penjual yang menjadi langganan saya. Letaknya di Pogung Baru Jalan Kaliurang  km 4. Kalau dari arah selatan (dari arah bundaran UGM ), gang terakhir sebelum pompa bensin Jalan Kaliurang Km.4, masuk sekitar 500 meter.

Meski hanya warung  sederhana, namun cukup nyaman. Sebab, disediakan gubuk bambu yang teduh dengan meja-meja pendek. Rujaknya juga baru dibikin setelah ada pesanan.

Di samping itu, pembeli bisa menentukan sendiri kadar kepedasannya. Mau cabai satu, tiga, sepuluh, bebas saja. Harganya juga murah kok. Cukup dengan Rp 2.500  per porsi, sepiring rujak es krim siap dinikmati.

Warung ini terbilang laris. Pada jam-jam tertentu, seperti jam makan siang atau jam 16.00 WIB,pembeli juga harus rela mengantri.  Saya yakin rujak es krim bisa menjadi salah satu alternatif pilihan makanan yang dicoba (Mmm…sayangnya tidak bisa dijadikan oleh-oleh!)

Sobat Makples,  Marcella Chandra Wijayanti

Tentang Admin

Anak manusia yang sedang memulai usaha.. ice cream keliling... Moga-moga bisa keliling Indonesia atau dunia... kali ya...
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori dan tag , , , . Tandai permalink.

3 Balasan ke Rujak Es Krim

  1. wakid berkata:

    mohon pencerahan cara membuat rujak es cream dan bahan2 lainya???saya ada di jayapura dan kebetulan orang tua saya pedagang dan pembuat es cream
    <<<<>>>>>

  2. Ade wenny chandra berkata:

    Pengen tau resep buat rujak es krim please

  3. tries banjar masin berkata:

    kalo masalah ruzak ice cream resef kt berani tanding mslh rasa dengan dijogja gimana tank you trimkasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s