Rasa Lokal Kualitas Global : Es Krim Kacang Merah

Mengembangkan Sumber Pangan Lokal “Es Krim Kacang Merah”

imagesIndonesia memiliki banyak potensi pangan local diantaranya dari jenis kacang-kacangan. Pemanfaatan kacang-kacangan lokal merupakan alternative  sumber protein nabati yang murah dan dapat terjangkau oleh masyarakat Indonesia. Indonesia memiliki beraneka jenis kacang-kacangan yang potensinya belum sepenuhnya tergali. Kacang merah (Phaseolus vulgaris L.), kacang hijau (Phaseolus radiatus L.) dan kacang tunggak (Vigna unguiculata) merupakan jenis kacang yang berpotensi untuk dikembangkan dalam berbagai produk industri pangan (Husaini, 2000).

Manfaat kacang-kacangan sebagai bahan baku pangan disebabkan karena memiliki nilai gizi yang tinggi dilihat dari kandungan proteinnya dan vitamin B1, sehingga dapat dikonsumsi secara langsung, sebagai bahan makanan dan bahan baku olahan produk industri pangan. Salah satu jenis kacang-kacangan yang sangat baik dikonsumsi adalah kacang merah.Kandungan protein yang cukup tinggi dari kacang merah (29,1%) menjadikan salah satu alasan untuk melakukan diversifikasi kacang merah tersebut menjadi berbagai macam produk olahan.

Kacang merah tergolong makanan nabati kelompok kacang polong (legume); satu keluarga dengan kacang hijau, kacang kedelai, kacang tolo, dan kacang uci. Ada beberapa jenis kacang merah diantaranya adalah red bean, kacang adzuki (kacang merah kecil), dan kidney bean (kacang merah besar). Kacang merah (Phaseolus vulgaris L.) merupakan jenis kacang yang berpotensi untuk dikembangkan dalam berbagai produk industri pangan (Husaini, 2000).

Manfaat Nutrisi Kacang Merah.

Kandungan gizi yang cukup baik dari kacang merah akan sangat menguntungkan bagi kesehatan tubuh manusia apalagi jika diolah secara baik dan benar. Berikut beberapa manfaat dari kacang merah.

  • Kacang merah adalah bahan makanan yang baik untuk menurunkan kolesterol.
  • Mencegah resiko diabetes karena kandungan karbohidrat kompleknya berglikemik indek rendah dan termasuk lamban cerna.
  • Membantu pematangan sel darah merah, membantu sintesa DNA dan RNA, serta menurunkan level homosistein dalam pembuluh arteri (sehingga mengurangi resiko penyakit jantung) dengan kandungan folat dan vitamin B6;
  • Kacang merah merupakan sumber serat yang baik. Dalam 100 gram kacang merah kering, dapat menghasilkan 4 gram serat yang terdiri dari serat yang larut air dan serat yang tidak larut air. Serat yang larut air secara nyata mampu menurunkan kadar kolesterol dan kadar gula darah, membantu mencegah penyakit jantung serta memperlancar pencernaan (anti sembelit)
  • Membantu program diet karena seratnya akan membuat Anda merasa kenyang dan kalorinya juga sangat rendah. Apalagi kandungan protein nabatinya akan bermanfaat untuk perkembangan massa otot tubuh;
  • Mengandung zat folasin yaitu zat gizi esensial yang mampu mengurangi resiko kerusakan pembuluh darah.
  • Mengandung Thiamin yang menjaga fungsi sistem syaraf, metabolisme karbohidrat, dan mencegah penyakit beri-beri;
  • Menjaga kesehatan kulit dengan kandungan vitamin B6;
  • Membantu proses pembekuan darah pada luka
  • Membantu pembentukan komponen utama sel-sel darah merah, pembentukan enzim, pembentukan tulang, mencegah resiko anemia (darah rendah) dengan kandungan zat mineral zinc, besi, dan tembaga;

Kacang merah bisa dimanfaatkan sebagai peluang usaha yang menjanjikan. Selain disajikan di kalangan rumah tangga dengan olahan tradisonal (dimasak menjadi bubur, sup atau campuran sayur, nasi tim) , ternyata kacang merah merupakan makanan berkelas dan biasa dikonsumsi juga oleh kalangan menengah ke atas. Banyak kalangan rumah makan hingga restoran yang memanfaatkan kacang merah ini sebagai makanan fungsional yang bernilai tawar relatif tinggi.

Kacang merah dapat dolah menjadi roti tawar kacang merah, schotel kacang merah, crakers kacang merah,dapat dimasak menjadi selai manis yang digunakan sebagai pengisi beberapa kue seperti bakpau, kue bulan, kue moci, kue dorayaki, donat isi, dan lain-lain serta diolah menjadi es krim kacang merah.  Industri es krim kini semakin berkembang. Jika dicermati, usaha ini sangat berpeluang untuk dikembangkan. Anda bisa mulai dari rumah dengan modal yang tidak terlalu besar.

Langkah-langkah pembuatan es krim kacang merah:

Bahan:

  • 375 ml susu cair
  • 200 gr kacang merah kering. Rendam selama 1 malam, tiriskan dan rebus hingga lunak lalu tumbuk kasar
  • 5 kuning telur ayam
  • 75 gr gula palem
  • 75 gr gula pasir
  • 125 ml krim kental

Cara:

  1. Rebus susu dan kacang merah di atas api kecil hingga susu mendidih dan berubah warna. Angkat, dinginkan. Sisihkan.
  2. Campur kuning telur, gula palem, dan gula pasir. kocok hingga pucat dan kental.
  3. Tuangkan dalam larutan susu sedikit demi sedikit sambil kocok rata. Tambahkan krim kental, kocok kembali hingga rata.
  4. Tempatkan dalam wadah bertutup, simpan dalam freezer selama 8 jam atau 1 malam hingga beku. keluarkan, keruk dengan sendok hingga es krim tidak beku.
  5. Kocok kembali hingga lembut. Masukkan kembali ke dalam freezer. ulangi langkah no.4 dan no. 5 sebanyak 3 kali. Sajikan.

Nb: Untuk mempermudah dan mempercepat pembuatan es krim dapat digunakan alat khusus pembuat es krim.

(Sumber gambar: http://www.tabloid-nakita.com/photo/10482menu02.jpg)

Tentang Admin

Anak manusia yang sedang memulai usaha.. ice cream keliling... Moga-moga bisa keliling Indonesia atau dunia... kali ya...
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.