Teknologi ; Ice Pack Bakal Menggeser Es Batu?

Teknologi

Ice Pack Bakal Menggeser Es Batu?

PERTANYAAN ini kerap mengemuka ketika sebagian masyarakat sudah memanfaatkan ice pack. Apa itu ice pack? Ia adalah media pendingin berbahan baku polyurethane yang ramah lingkungan.

Ice pack bisa dipakai selama setahun lebih secara berulang-ulang, untuk berbagai keperluan pendinginan. Mulai dari pengompresan, pembekuan ikan dan pengawetan bahan pangan lainnya.

Banyak yang memperkirakan, teknologi ice pack bakal menggeser es batu yang dibuat secara tradisional melalui pembekuan air. Selain lebih murah dan higienis, ice pack memiliki tingkat kedinginan yang lebih rendah, bahkan hingga minus 20 derajat Celcius. Sedangkan es batu hanya 0-4 derajat Celcius.

Selain polyurethane, ada juga ice pack yang berbahan baku jelly, air, maupun bahan lainnya yang mengandalkan pencapaian suhu ekstra rendah. Hanya saja, bahan-bahan tersebut rentan terhadap ekses suhu luar. Akibanya, ice pack menjadi lebih cepat mencair.

Ice pack berbahan polyurethane ini dikenal sebagai ”es biru”.  Ia mampu membekukan bahan yang dimasukkan secara lebih cepat, tapi tidak cepat mencair (bertahan hingga 30 jam dalam cool box).

Jika digunakan untuk freezer rumah tangga, proses pembekuan pada -5 hingga -20 derajat Celcius bisa berlangsung hanya dalam waktu 4-10 jam. Sedangkan pembekuan pada freezer industri bisa mencapai -20 hingga -40 derajat Celcius.

Pada umumnya, ice pack akan mencair setelah 30 jam berada dalam cool box. Tetapi bandingkan dengan es batu yang beberapa jam saja (biasanya 7-10 jam) sudah lumer dan harus diganti dengan yang baru.

Ice pack berkuran 19 ◊14 x 3,5 cm3, misalnya, dapat menampung bahan pulyurethane sebanyak 700 ml (0,7 liter). Tetapi, kantung es sekecil ini sudah mampu mengwetkan ikan, susu segar, dan daging ayam, atau mendinginkan minuman segar seperti jus dan es krim.

Alhasil, inovasi teknologi pendinginan bahan pangan tersebut amat praktis digunakan oleh rumah tangga, restoran, nelayan, dan sebagainya.

Apalagi ice pack bisa dipakai berulang-ulang selama setahun lebih, sehingga bisa mengurangi biaya operasional usaha, khususnya untuk pembelian es batu.

Karakternya yang khas membuat ice pack bisa membeku dengan cepat dalam freezer, sehingga sangat efisien untuk penggunaan berulang yang membutuhkan ice pack yang cepat beku.

Lempeng es ini pun bisa digunakan sebagai water chiller (penyejuk / pendingin air) untuk industri rumah potong hewan (RPH), sehingga dapat menghambat perkembangbiakan mikroorganisme.
Satu Lempeng Satu lempeng ice pack yang diletakkan dalam lemari es bisa memberikan suhu tambahan hingga -20 derajat Celcius. Jadi, bahan pangan bisa diawetkan lebih lama.

Jika Anda membeli kulkas mini untuk diletakkan di dalam mobil, maka satu lempeng ice pack juga mampu mendinginkan minuman selama sehari lebih, meski mesin mobil dalam keadaan tidak dihidupkan.

Sedangkan empat lempeng dalam cool box 40 liter dapat mempertahankan suhu es krim selama 12 jam perjalanandelivery. Hamparan ice pack membuat suhu makin dingin, dan bisa diaplikasikan untuk bahan pangan dalam jumlah besar.

Misalnya, hamparan ice pack pada cool storage ikan beku dan udang di departement store membuat ikan tetap beku, mempertahankan es krim, serta membuat sayuran, buah, dan minuman segar teap awet dan dingin.

Yang tidak kalah menarik, ice pack juga bisa dimanfaatkan untuk mengompres anak yang sedang sakit panas. Bahkan para atlet kelas dunia pun kini sudah lazim menggunakan es krim, untuk mengurangi rasa sakit akibat memar atau cedera.

Prinsip kerjanya yang hebat inilah yang membuat ice pack juga menjadi kebutuhan utama di sejumlah rumah sakit, terutama untuk keperluan laboratorium dan pengamanan vaksin serta enzim.

Dokter hewan dan ahli peternakan pun memerlukannya untuk menyimpan vaksin dan sperma ternak jantan untuk kawin suntik (inseminasi buatan).

Yang perlu dihindari adalah jangan meletakkan ice pack dalam posisi bertumpuk, karena akan membuat proses pembekuan menjadi lebih lama.

Selain itu, jangan memegang secara langsung cairan yang ada di dalam cool pack apalagi sampai meminumnya.

Usahakan bahan pangan tidak bersentuhan langsung dengan ice pack. Kalau pun bersentuhan langsung, maka sebelum mengonsumsi harus dicuci dulu dengan air bersih.

Penting pula menjauhkannya dari jangkauan anak-anak. Lebih baik Anda memberitahu anak tentang apa itu ice pack. Jelaskan apa manfaat dan bahayanya bagi manusia.

Harga ice pack di Indonesia bervariasi. Misalnya, untuk ukuran 30 x 22 x 3 cm seharga Rp125.000 dan ukuran 22 x 15 x 3 cm3 seharga Rp 45.000. Kalau Anda tertarik membelinya, silakan searching di internet dengan kata kunci ”ice pack”. (Sriyati-32)

berminat klik  https://restomesin.wordpress.com/ice-pack-penganti-es-batu/

Tentang Admin

Anak manusia yang sedang memulai usaha.. ice cream keliling... Moga-moga bisa keliling Indonesia atau dunia... kali ya...
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori dan tag , , , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.