Rhenald Kasali: Entrepreneur Sejati Harus Seperti Bola Tenis

Rhenald Kasali: Entrepreneur Sejati Harus Seperti Bola Tenis
Tya Eka Yulianti – detikFinance


Foto :epi/detikFinance

Bandung – Tak ada yang menjamin usaha yang sedang atau akan Anda jalani dapat berjalan dengan mulus. Untuk menjadi entrepreneur yang sukses diperlukan kemampuan membal atau bouncing seperti bola tenis, untuk tetap kembali bangkit meski menemui masalah di tengah jalan.

Demikian disampaikan Pakar Bisnis, Rhenald Kasali dalam Seminar Wanita Wirausaha BNI dan Femina bertajuk Inspirasi Wirausaha ‘Tren, Peluang & Tantangan Usaha 2010’ di Ballroom Hotel Novotel, Jalan Cihampelas, Bandung, Sabtu (3/7/2010).

“Tak ada yang bisa memastikan bisnis kita akan tetap sama 5 tahun ke depan. Tak ada yang abadi. Akan ada masalah yang ditemui di tengah perjalanan wirausaha. Pilihannya 2, apakah akan jadi telur, atau bola tenis,” ujar  Rhenald.

Dijelaskan Rhenald, jika seorang entrepreneur berjiwa telur, maka saat menghadapi masalah berat ia akan cenderung kalah dan menyerah. Sementara yang bermental bola tenis, ia akan senantiasa kembali ke atas untuk tetap mempertahankan usahanya.

“Telur memang lebih keras dari bola tenis, tapi saat jatuh telur akan langsung pecah. Tapi kalau bola tenis, ia akan kembali membal. Seperti itulah entrepreneur yang seharusnya. Tidak mudah menyerah,” jelas Rhenald yang juga menjadi Guru Besar di FEUI.

Menurut Rhenald, seorang entrepreneur harus mau terus belajar. Karena dalam perjalanan mengembangkan bisnis, tentu akan mengalami berbagai kesulitan.

“Membuat usaha bukan sesuatu yang gampang. Anda akan menghadapi hal-hal yang sulit. Tapi itu harus terus dihadapi dan dijadikan latihan untuk mempelajari masalah,” paparnya.

(tya/epi)

Tentang Admin

Anak manusia yang sedang memulai usaha.. ice cream keliling... Moga-moga bisa keliling Indonesia atau dunia... kali ya...
Pos ini dipublikasikan di Life, Mesin Ice cream, mesin industri, UKM, mesin perta, Tak Berkategori dan tag . Tandai permalink.