Dahlan Iskan: Pengusaha Harus Berani Tagih Utang, Pernah Ditipu, dan Bangkrut

Dahlan Iskan: Pengusaha Harus Berani Tagih Utang, Pernah Ditipu, dan Bangkrut

Feby Dwi Sutianto – detikfinance
Rabu, 03/10/2012 20:57 WIB
Browser anda tidak mendukung iFrame

Foto: Dok. detikFinance

Jakarta – Menteri BUMN Dahlan Iskan memiliki pesan khusus kepada pengusaha muda agar tangguh dalam menjalani usahanya. Apa pesan khusus itu?

Saat acara penganugrahan acara Wirausaha Mandiri malam ini, Dahlan mengajukan beberapa pertanyaan kepada para juara dan finalis terlebih dahulu.

Pertanyaan pertama, Dahlan menanyakan siapa dari para peserta yang pernah bangkrut dan belum pernah bangkrut. Salah satu finalis menceritakan pengalaman bangkrutnya di depan Dahlan.

Dahlan pun menjelaskan, para pengusaha muda harus pernah mengalami kebangkrutan untuk menjadi seorang pengusaha sejati.

“Memang begini, untuk membedakan siapa pengusaha sebenarnya dan pengusaha palsu. Pengusaha sebenarnya, ketika bangkrut akan bangkit lagi, sakit memang tapi dia bangkt lagi. Ada 1.000 orang memulai usaha kemudian bangkrut, tidak semua bangkit lagi, itulah seleksi alam,” kata Dahlan dalam acara yang diadakan di JCC, Senayan Jakarta, Rabu (3/10/2012)

Pada kesempatan itu, Dahlan juga menanyakan kepada para finalis, kenapa usaha harus dimulai di usia muda? Dahlan pun memiliki alasan tersendiri atas pertanyaan yang diajukan.

“Anak muda tahan banting, karena anak muda bisa tidak tidur dua hari dua malam mengejar ambisinya. Kalau saya bisa masuk angin,” tuturnya.

Dahlan juga menegaskan, seorang pengusaha harus pernah ditipu. Saat menanyakan hal itu kepada para finalis, sebagian besar menjawab belum pernah ditipu. Dahlan pun berdoa supaya mereka cepat ditipu.

“Ujian yang dihadapi seorang pengusaha harus pernah ditipu orang. Kalau belum pernah dia belum tangguh. Saya doakan supaya cepat-cepat ditipu,” tambahnya.

Terakhir, Mantan Dirut PLN ini mengaku seorang pengusaha harus berani menagih utang. “Menagih utang itu harus gigih, itu uang anda. Bukan uang dia, kalau perlu datangi rumahnya pagi, tongkrongi rumahnya,” cetus Dahlan.

Tentang Admin

Anak manusia yang sedang memulai usaha.. ice cream keliling... Moga-moga bisa keliling Indonesia atau dunia... kali ya...
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori dan tag , , . Tandai permalink.