Bisnis di Masa Pensiun

Bisnis di Masa Pensiun

Masa pensiun bukanlah halangan bagi kita untuk berhenti bekerja dan menghasilkan uang. Ada berbagai pilihan bisnis/ peluang usaha yang bisa Anda geluti saat pensiun. Akan tetapi saking banyaknya pilihan bisnis, kita sering kali bimbang dalam menentukan pilihan bisnis apa yang cocok bagi kita. Bagaimana caranya memilih jenis usaha yang sesuai dengan kita?

Karakteristik pilihan usaha yang cocok bagi para pensiunan adalah:

  • Sektor usaha yang tidak beresiko tinggi agar masa tua pensiunan tidak berfikir terlalu keras.
  • Sektor usaha tersebut akan lebih baik apabila mudah dioperasikan mengingat kesehatan dan stamina pensiunan sudah tidak seaktif dulu saat masih menjadi karyawan.
  • Sektor usaha yang nilainya akan terus meningkat meskipun didiamkan.
  • Sektor usaha yang sesuai dengan hobby ataupun keahlian Anda akan menjadi nilai tambah, bisnis tersebut bisa membuat Anda lebih enjoy dalam menjalankannya.

Pilihan bisnis apa saja yang sekiranya sesuai dengan karakteristik usaha di atas? Sehingga para pensiunan dapat menjalankannya dengan santai. Peluang bisnis yang cocok dijalankan di masa pensiun meliputi sektor pertanian atau perkebunan, peternakan, pariwisata atau bisnis yang bersifat investasi seperti bisnis property atau jasa penyewaan.

a). Bisnis di sektor pertanian, perkebunan dan peternakan.

Sektor ini merupakan pilihan bisnis yang sangat tepat bagi para pensiunan. Sektor pertanian, perkebunan dan peternakan biasanya disenangi sebagian besar orang tua. Terlebih kebutuhan akan hasil pertanian dan peternakan sangatlah besar, sementara produsen yang ada belum menyerapnya secara maksimal.

Contoh : Bisnis peternakan ayam kampung, beternak lele, membudidayakan ikan hias, bisnis makanan organik, bisnis tanaman hias

b). Bisnis di sektor properti

Pilihan lain yang cocok bagi pensiunan adalah bidang property. Bisnis ini merupakan salah satu dari kebutuhan yang diperlukan oleh banyak orang dan enaknya lagi, Anda dapat menjalankannya dengan santai dari rumah saja. Investasi properti tidak ada ruginya, karena nilai jualnya selalu meningkat setiap tahun. Atau berbisnis kost-kostan dirumah atau lahan kosong yang Anda miliki juga sangat berpeluang, apalagi lokasinya di daerah kampus dan perkantoran pasti akan banyak yang membutuhkannya.

Contoh : Bisnis Kontrakan/ Guest house, Bisnis Kost-kostan, Lahan yang Anda punya bisa dijadikan tempat penitipan kendaraan bermotor.

c). Bisnis di sektor sarana transportasi

Sarana transportasi sudah menjadi kebutuhan penting bagi masyarakat dewasa ini. Membuka bisnis sarana transportasi juga merupakan pilihan bisnis yang menjanjikan bagi pensiunan. Sama seperti bisnis property, bisnis ini pun dapat Anda jalankan dari rumah saja.

Contoh : Bisnis jasa antar jemput anak sekolah, bisnis penyewaan mobil, motor, sepeda maupun bus

d). Bisnis yang sesuai dengan hobby Anda

Tentunya bisnis ini akan Anda jalankan dengan hati senang karena bisnis jenis ini sesuai dengan hobby Anda. Misalnya Anda senang menulis, Anda bisa mencoba menulis buku atau jika Anda hobby membaca dan mempunyai koleksi buku yang lumayan banyak, Anda bisa memulai bisnis membuka taman bacaan.

Pilihan sekarang ada di tangan Anda, pilihan bisnis apa yang Anda pilih dalam rangka mempersiapkan masa pension Anda. Semoga tips Gajimu dapat membantu dan menginspirasi Anda dalam mengambil keputusan.

Sukses di Masa Pensiun

Pesona Keuangan & Bisnis
Banyak ketakutan yang dialami ketika seseorang memasuki masa pensiun, salah satu yang terbesar adalah uang. Sudah cukupkah uang yang selama ini Anda tabung? Sudah amankah keuangan Anda di masa dua puluh tahun kedepan nanti?

Tentu saja semua orang ingin pensiun dengan nyaman dan aman dari segi finansial, namun seringnya, banyak yang sering lupa untuk menyusun rencana pensiun sejak dini. Alhasil, di umur yang sudah memasuki kepala empat, keadaan finansial seseorang masih jauh dari standar stabil atau bahkan aman, untuk pensiun.

Menurut ahli keuangan, menabung bukanlah satu-satunya jalan untuk mencapai status ‘aman’ menjelang masa pensiun. Dana pensiun Anda harus bisa menutupi pengeluaran di 10, 20, bahkan 30 tahun ke depan, baik untuk dana kesehatan, tempat tinggal, biaya hidup (makan, pakaian dan tempat tinggal), sampai dana plesiran.

Menurut Wade Pfau, seorang professor dari American College, selain menabung, investasi tidak kalah pentingnya dilakukan saat masa menjelang pensiun. Seberapa besar dana yang sebaiknya dikeluarkan untuk investasi? Masih menurut Wade Pfaun, 16.6% adalah angka yang paling tepat. Setiap bulannya, sisihkan 16.6% dari penghasilan Anda untuk dana investasi, namun kalkulasi ini hanya berlaku untuk mereka yang akan pensiun dalam kurun waktu 30 tahun mendatang. Bagaimana dengan mereka yang sudah di kepala 40? Jangan takut, investasi masih menjadi jalan terbaik, hanya saja sebaiknya presentase uang untuk investasi tidak boleh kurang dari 20%.

Bila Anda masuk ke dalam kategori telat dalam menyusun dana pensiun, lebih baik menghindari permainan saham. Memang, untung yang mungkin didapat lebih besar, tapi begitu pula dengan risikonya! Salah-salah, uang tabungan pensiun malah terkuras untuk menutupi kerugian bermain saham.

Tip berikutnya adalah rajin mengurus pajak. Jangan menunggu sampai orang pajak memotong denda keterlambatan pajak Anda. Minta pasangan untuk saling mengingatkan, terutama kalau Anda masuk ke dalam kategori pekerja atau wirausaha dengan pendapatan yang lumayan tinggi. Sayang kan, uang yang terpotong denda pajak bisa digunakan untuk investasi?

Kebiasaan Anda sekarang akan menentukan keadaan Anda di masa depan, mulai hari ini belajar untuk memangkas pengeluaran yang Anda rasa tidak begitu diperlukan. Contohnya, Anda biasa sarapan dengan roti dan kopi total seharga Rp 70.000, cobalah untuk memangkas pengeluaran harian ini hingga setengahnya dengan mencari alternatif yang lebih murah. Bila niat menabung atau berhemat mulai kendor, ingat kalau di masa depan keadaan yang terburuk sekalipun dapat terjadi, pasangan Anda bisa mendadak sakit keras dan membutuhkan biaya yang besar. Tidak salah toh, untuk mulai membangun pondasi keuangan sedari dini?

Sumber: CNN Money

 

Sumber :

Diolah dari berbagai sumber

Tentang Admin

Anak manusia yang sedang memulai usaha.. ice cream keliling... Moga-moga bisa keliling Indonesia atau dunia... kali ya...
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori dan tag . Tandai permalink.