Bahan-bahan Ini Membuat Soft Ice Cream Terasa Lembut Enak

Bahan-bahan Ini Membuat Soft Ice Cream Terasa Lembut Enak

Annisa Trimirasti – detikFood
Bahan-bahan Ini Membuat Soft Ice Cream Terasa Lembut EnakFoto: Getty Images
Semua orang suka es krim dan 70% diantaranya memlilih soft ice cream. Apa yang bikin es krim ini lembut?

Soft ice cream sudah lama dikenal jadi sajian favourit resto fast food. Teksturnya lembut, lentur dan teksturnya lebih halus meleleh di lidah.

Kepopuleran soft ice cream sampai-sampai membuat Dominique Ansel, pastry chef ternama dari Amerika menciptakan soft ice cream. Dua jenis soft ice cream yang diperkenalkan paris manis diantre pembeli.

Menurut huffingtonpost.com (18/8/16), selain dibuat dari bahan seperti susu, gula, dan sirup jagung, soft ice cream juga dibuat dari beberapa bahan ini.

1. Polysorbate 80
Digunakan sebagai emulsifier dalam makanan dan kosmetik. Polysorbate 80 ditambahkan untuk mencegah protein susu melapisi lemak seluruhnya dan menjadikan soft ice cream dapat mengikat dan mengunci udara yang tercampur di dalam es.

2. Mono dan Di gliserida
Kedua gliserida ini berasal dari asam lemak dan digunakan sebagai emulsifier. Keduanya membantu menggabungkan bahan mengandung lemak dan bahan yang mengandung air.

3. Carrageenan
Turunan karbohidrat yang dieskstrak dari rumput laut merah ini digunakan untuk membuat gel. Fungsinya menstabilkan dan mengentalkan soft ice cream.

4. Guar Gum
Terbuat dari endosperm dari biji guar dan digunakan sebagai agen pengental. Penggunaannya pada pil diet dilarang di 1980 karena berbahaya. Namun jika dipakai dalam jumlah sedikit, seperti di soft ice cream, telah ditetapkan aman.

5. Gum Selulosa
Terbuat dari dinding sel tanaman seperti pulp kayu dan kapas dan berfungsi sebagai pengental. Biasa digunakan dalam industri makanan untuk memberi rasa sesungguhnya dan tekstur pada produk.

6. Sodium Fosfat
Banyak digunakan dalam industri makanan seperti sebagai texturizer (agar bentuk makanan lebih menarik), sebuah emulsifier atau agen ragi agar makanan terfementasi.

Tentu saja tidak semua soft ice cream sama. Anda tetap mungkin menemukan soft ice cream tanpa semua bahan aditif tersebut. mungkin bahan tersebut tetap ada dalam cone atau topping es krim.

(odi/msa)

Tentang Admin

Anak manusia yang sedang memulai usaha.. ice cream keliling... Moga-moga bisa keliling Indonesia atau dunia... kali ya...
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori dan tag . Tandai permalink.