China Sudah Membuat Es Krim Sejak 400 Tahun SM

China Sudah Membuat Es Krim Sejak 400 Tahun SM

– detikFood
Artikel Terkait

Es krim kini jadi favorit semua orang. Awalnya susu yang dibekukan ini menjadi santapan para bangsawan. Pertama kali dibuat oleh kaisar China. Bagaimana es krim bisa tersebar ke seluruh penjuru dunia?

Ya, es krim ternyata memang sudah ada sejak zaman Kaisar Tang (618-679 SM) dari Dinasti Shang di China. Kaisar Tang membuat es krim dengan mencampurkan ramuan susu dan es. Awal mulanya berasal dari Kaisar Tang yang menyuruh para pelayannya untuk mendinginkan pasokan susu di pegunungan Himalaya yang bersalju.

Ketika susu disajikan dalam keadaan dingin, ternyata Kaisar Tang merasa susu yang didinginkan ini sangat nikmat sekali. Pada saat itulah es krim tercipta. Kaisar Tang bahkan sampai mempunyai 94 orang pelayan untuk menyiapkan es susu dingin dari pegunungan Himalaya.

Lain lagi cerita sejarah es krim di Eropa. Kaisar Nero (37-68 Sesudah Masehi) dari kerajaan Romawi ternyata juga sudah menikmati es krim yang terbuat dari campuran salju dengan potongan buah-buahan dan madu. Es krim ala Kaisar Nero ini lebih mirip es campur sekarang.

Sedangkan di Timur Tengah, bangsa Persia juga sudah mencampurkan jus anggur dengan semangkuk salju dan dihidangkan saat musim panas. Salju-salju ini tetap bertahan lama karena orang Persia menyimpannya di sebuah ruangan bawah tanah khusus yang bernama Yakchal.

Lalu bagaiman es krim bisa sampai ke Eropa dan akhirnya menyebar ke seluruh dunia? Ternyata, Marco Polo lah yang membawanya ke Italia. Saat Marco Polo berkunjung ke China tertarik dengan es krim yang dinikmati bangsawan China. Kembali ke Italia, ia mencoba membuat resep es krim dengan campuran sirup dan es yang lebih mirip dengan sorbet.

Di Italia, bangswan bernama Christine de Medici memperkenalkan es sorbet asal Italia ini ke Prancis dan akhirnya menyebar sampai ke Inggris. Saat itu, es krim ala Italia ini hanya bisa dinikmati oleh kalangan bangsawan di Eropa.

Akhirnya pada tahun 1660 es krim bisa dinikmati oleh publik. Es krim pertama yang disajikan di sebuah kafe di Prancis adalah racikan yang terdiri dari susu, krim, mentega, dan telur yang dibekukan.

Es krim bisa sampai ke tanah Amerika pada tahun 1777. Saat itu es krim juga masih menjadi barang mahal yang eksotis, hingga akhirnya pada tahun 1800, sebuah rumah industri kecil didirikan untuk membuat es krim.

Pada tahun 1815, Jacob Fussel mendirikan pabrik es krim dalam skala besar yang membuat industri es krim semakin berkembang di Amerika. Seiring dengan perkembangan teknologi, beberapa mesin pembuat es krim mulai bermunculan. Juga ditemukan cara agar es bisa tetap beku dalam suhu yang rendah, yaitu dengan mencampurkan garam ke dalam es batu.

Di akhir abad ke 19, aneka rasa dan varian es krim seperti es krim soda, es krim dengan cone, dan es krim sundae bermunculan di Amerika. Pada pertengahan abad ke 20, freezer modern sudah diciptakan dan karena itulah es krim jadi barang yang bisa dinikmati semua orang seperti sekarang.

Saat Perang Dunia ke II, es krim disajikan untuk para tentara untuk merayakan kemenangan perang.Sekitar tahun 1970, es krim akhirnya sudah bisa dijual di supermarket di Amerika. Mobil truk yang menjual es krim keliling juga sangat digandrungi orang-orang dari berbagai usia saat itu.

Es krim bahkan sudah dibuat dalam bentuk yang sangat lembut dan kini lebih dikenal dengan soft ice cream. Pada pertengahan abad 20 inilah es krim tersebar hingga penjuru dunia dan menjadi favorit semua orang.

(odi/odi)

Tentang Admin

Anak manusia yang sedang memulai usaha.. ice cream keliling... Moga-moga bisa keliling Indonesia atau dunia... kali ya...
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori dan tag . Tandai permalink.