All About Ice Cream

Dear Bu Amalia,

Saya dan rekan akan segera membuka gerai khusus Ice Cream pertama di kota saya (Salatiga). Bagaimana strategi yang cocok untuk mempopulerkan brand baru tersebut, mengingat produk yang ditawarkan baru? Apakah bisa hanya mengandalkan ‘getok tular’, mengingat kota saya bukanlah kota yang besar? Sekian dan terima kasih banyak.

Arnoldo Victori Sabadilla – Salatiga

Jawaban

Dalam kapasitas sebagai pioneer, yaitu yang pertama membuka gerai khusus Ice Cream di kota Anda, banyak keleluasaan yang dimiliki. Baik itu dari segi siapa target audience yang akan dibidik, posisi apa yang ingin dimiliki oleh brand di benak konsumen, pemilihan nama brand baru, memilih jenis produk, tema promosi, pemilihan lokasi gerai dan lain-lain.

Ice Cream memang digemari semua orang dan produk ini termasuk memasyarakat, tetapi ada baiknya sejak awal telah dicari tahu siapa target utama yang paling sesuai untuk produk Ice Cream ini, khususnya di kota Salatiga. Informasi tentang perilaku konsumen di tiap segmen konsumen perlu digali dengan seksama, sehingga tergambar dengan jelas pada saat menentukan target, yang mana yang paling feasible untuk perusahaan Anda. Lalu perlu dieksplorasi untuk memperoleh consumer insights – apa saja yang diharapkan oleh target audience dari produk Ice Cream. Karena pada dasarnya, produk semacam ini tidak saja sekedar menawarkan benefit yang bersifat tangible (misalnya dari segi rasa, warna, tekstur, kemasan, dll), tetapi juga benefit-benefit yang bersifat intangible, misalnya saja status sosial dan life style yang diproyeksikan ke pembelinya. Ini semua akan menjadi penting dalam proses mendisain nama brand, logo dan tema-tema promosi yang akan dihadirkan dalam satu paket produk Ice Cream yang ditawarkan.

Untuk penyebaran promosi atau informasi tentang keberadaan produk baru, perlu dipikirkan cerita apa yang paling cocok untuk dikembangkan seputar kehadiran Ice Cream baru ini. Setuju bahwa getok tular atau WOM (word of mouth) communication penting dan sangat membantu penyebaran informasi ini, tetapi harus dilakukan secara terkendali. Kelemahan WOM adakalanya pesan yang disampaikan oleh pihak-pihak lain ini tidak sama dengan pesan yang diinginkan oleh perusahaan. Jadi harus dibuat cara yang paling efektif untuk mendapatkan pelipatgandaan pesan secara optimal tetapi tetap pada garisnya.

Iklan di radio bisa digunakan, tetapi bentuknya diubah menjadi lebih interaktif, jadi tidak hanya pemberitaan atau iklan tentang kelebihan produk atau keberadaannya di kota Anda, tetapi sudah lebih ke arah pemberitaan tentang event-event yang sedang dipersiapkan untu bertemu langsung target audience Anda. Berikan voucher-voucher gratis untuk beberapa acara quiz di radio sehingga interaksi antara pendengar radio dan produk sudah bisa mulai dijalin.

Penggunaan iklan di bioskop juga cocok untuk produk yang punya sasaran lokal seperti rencana Anda ini. Sekali lagi, jangan terpaku pada slide-slide kaku yang dipasang pada saat ruang beriklan di bioskop, tetapi manfaatkan moment berkumpulnya orang pada saat menunggu film dimulai dengan cara melibatkan mereka dalam aktivitas-aktivitas kecil seperti game-game kecil-kecilan tetapi sarat pesan tentang brand.

Selamat mempersiapkan peluncuran produk baru ini, semoga mendapat sambutan yang baik.

(swa)

diambil dari swa

10 Hal menarik Tentang Ice Cream
Culinary – Rabu, 27 Juni 2007 16:31:59 WIB

Ice Cream, santapan lezat oleh-oleh Marcopolo saat melancong ini banyak sekali penggemarnya. Mulai anak-anak kecil, remaja hingga orang dewasa. Selain menyehatkan karena terbuat dari campuran susu dan gula, citarasanya pun sangat beragam. Apalagi setelah dimodifikasi dengan buah atau bahan makanan lainnya.

Nah, tahukah Anda, di balik kesohoran dan kelezatan santapan lezat ini ternyata ada banyak cerita menarik yang perlu Anda ketahui:

  1. Dalam sejarah ditulis, bahwa citarasa es krim telah modifikasi dan dikonsumsi oleh bangsa Itali sejak pertengahan tahun 1500.

  2. Kedai es krim dibuka di New York City untuk pertama kalinya pada tahun 1776.

  3. Pada tahun 1843, orang Amerika bernama Nancy Jhonson membuat mesin pembuat es krim manual dari tangan. Kemudian pada tahun yang sama orang Inggris bernama Agnes Marshall mengikuti jejaknya.

  4. Es krim mulai dikomersialkan pada tahun 1851 oleh Jacob Fussell di Baltimore dengan membuka kedai es krim.

  5. Es krim Conelo, di temukan dan popular di dunia pada tahun 1904 dan di buat di St. Louis.

  6. Es krim paling banyak dikonsumsi oleh orang Amerika. Rata-rata setiap orang mengkonsumsi 15 sampai 20 liter/ tahun.

  1. Satu diantara tiga orang pasti akan memilih es krim bercitarasa vanilla.

  2. Di Amerika, es krim merupakan dessert yang paling digemari, apalagi jika ditambahkan dengan biskuit.

  3. Sebanyak 800.000 galon es krim diproduksi oleh orang Amerika setiap tahun.

  4. Pada tahun 1812, Dolly Madison mengkreasikan es krim menjadi aneka rasa. Hasil ciptaannya ini pertama kalinya dihidangkan sebagai hidangan penutup di Gedung Putih.

Ice Cream, Lezat Bergizi Tinggi

Siapa sih yang tidak menyukai es krim (ice cream)? Hidangan beku dengan aneka tampilan ini, selain memiliki rasa yang lezat ternyata juga mengadung unsur gizi yang cukup lumayan tinggi. Sumbangan nilai gizi terbesar pada es krim berasal dari bahan baku dasarnya, yaitu susu. Itu sebabnya es krim memiliki nilai gizi tinggi dibandingkan dengan jenis minuman lainnya.

Pantas saja, tak hanya ibu hamil, anak-anak balita pun juga sangat dianjurkan untuk mengkonsumsinya. Bahkan dalam kondisi si kecil sakit sekalipun, es krim boleh dikonsumsi. Namun dengan catatan, si kecil tak memiliki alergi dingin.

Apakah es krim/ ice cream itu?

Merupakan kelompok hidangan beku yang memiliki tekstur semi padat. Berdasarkan komposisinya, es krim digolongkan menjadi tiga kategori, yaitu ekonomis, good average, dan deluxe. Nah, es krim komersial yang biasanya Anda beli pada umumnya berjenis ekonomi.

Mutu es krim biasanya ditentukan oleh bahan bakunya yang bermutu tinggi serta proses pembuatannya yang higienis. Komposisi gizi per 100 gram es krim yang menonjol adalah energi (207 kkal), protein (4,0 g), dan lemak (12,5 g).

Tidak membuat gemuk

Komposisi es krim bermutu tinggi sarat dengan energi, protein, dan lemak, terutama lemak jenuh. Jadi, tak heran jika selama ini es krim kerap dituding sebagai biang keladi penyebab kegemukan atau obesitas.

Padahal, kontribusi energi es krim per takaran saji (satu cangkir) hanya sakitar 10 persen dari total kebutuhan energi dan kontribusi lemaknya sekitar 15 persen dari total kebutuhan lemak perhari. Jumlah tersebut termasuk kecil, sehingga kurang pas jika es krim dituduh sebagai biang keladi penyebab kegemukan atau obesitas.

Salah kaprah soal es krim

  • Dengan alasan takut bobot tubuh janin menjadi besar, ibu hamil tidak boleh mengkonsumsi es krim. Padahal, anggapan ini salah besar! Es krim adalah makanan yang dikonsumsi sebagai kudapan. Itu sebabnya, es krim tidak akan menambah energi terlalu banyak jika dikonsumsi secara wajar. Jumlah konsumsi es krim yang wajar untuk ibu hamil adalah dua hingga tiga cangkir per minggu.
  • Es krim bukan penyebab batuk pilek. Sebab, ketika masuk ke mulut, es krim dengan segera akan meleleh. Pelelehan es krim dengan cepat dipacu oleh pengaruh suhu tubuh, sehingga saat es krim masuk ke kerongkongan suhunya sudah tidak sedingin air es.
  • Tak boleh minum es krim dikala sakit. Anggapan ini juga salah besar. Ketika si kecil sakit, kadangkala tubuhnya membutuhkan banyak cairan agar tidak mengalami dehidrasi. Es krim yang juga mengandung air dapat digunakan sebagai penyedia cairan tubuh. Apalagi rasa dan teksturnya yang lezat pasti sangat disukai oleh anak-anak, sehingga mengkonsumsinya akan sangat membantu penyembuhan sakit si kecil. Meskipun demikian, es krim sebaiknya dihindari oleh penderita radang tenggorokan, amandel, atau asma. Sebab, ketiga penyakit ini dapat kambuh apabila terkena oleh suhu dingin.

Manfaatnya bagi tubuh

Di dalam bahan dasar es krim, yaitu susu terdapat lebih dari 100.000 jenis molekul. Selain air dan lemak, molekul-molekul tersebut mencakup protein, karbohidrat, mineral, enzim-enzim, gas, serta vitamin A. C dan D. Selain itu juga susu mengandung beberapa komponen bioaktif berupa protein susu, laktosa, asam-asam lemak dan mineral, terutama kalsium. Itu sebabnya produk-produk turunan susu, termasuk es krim juga memiliki kontribusi yang tinggi bagi kesehatan tubuh.

Salah satu komponen dari golongan karbohidrat yang terdapat pada es krim adalah laktosa. Laktosa, selain dapat menambah cita rasa ternyata juga dapat mempertahankan palatabilitas (rasa enak) pada es krim. Sedangkan fungsi asam lemak dan asam linoleat pada es krim adalah untuk meningkatkan aktivitas antipatogenik, antibakteri, dan antiviral. Kandungan kalsium pada es krim bermanfaat untuk menjaga kepadatan massa tulang, pencegahan osteoporosis, kanker, serta hipertensi.

7 Balasan ke All About Ice Cream

  1. deddy dwiyana berkata:

    Mohon info apakah mesin soft ice cream bisa dipakai untuk membuat soft yoghurt ice cream atau frozen yoghurt? Sebagai bahan untuk soft yoghurt adalah “dringking yoghurt” – yg bisa diminum langsung. Kalau gak salah untu soft ice cream dibuat dari bubuk es krim yang dicairkan. Kayanya sih gak beda .
    Mohon infonya.
    Tks.
    deddy dwiyana

  2. dody berkata:

    mau nanya nich pak ,klu saya mau usaha es cream dirumah apa saja yang harus di persiapkan?dan brp modal yang harus kami keluarkan?mau tanya juga bedanya antara hard dan soft,trus klu yang pkai cone es cream trimakasih atas bantuanya

  3. lia berkata:

    sy jg pgn tau apakah mesin pembuat froyo sama dg mesin soft ice cream, apakah anda menjual bahan untuk membuat fro yo, mohon info nya
    makasih

  4. setyo ciptono berkata:

    Saya pengen buka usaha gerai es krim di daerah saya Wonogiri, namun koq harga mesin pembuat ice cream mahal sekali ya. diatas 15 juta, apakah ada yang harganya 2 – 5 juta begitu trims.
    Hormat saya
    Setyo Ciptono
    HP. 085725097945

  5. arik berkata:

    kalau membuat kemasan ice cream seperti punya walls, sampai berapa ya biayanya? teknis kemasannya bagaimana caranya? terima kasih.

  6. adi berkata:

    Salam, saya tertarik dengan mesin ice cream corn, bisa bpk berikan info harga, bahan2 yg di perlukan.Saya rencana akan buka di dalam kolam renang…tolong bantuanya secepatya

  7. Mas is berkata:

    punya bisnis… ayo ikutan kontes bisnis Sosro Joy Green Tea Youth Business Competition, hadiahnya gedhe lho…. 1,5 milyar. info selengkapnya klik disini http://qb-finance.blogspot.com/2011/09/youth-business-competition.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s